Senin, 14 Agustus 2017

Tanda Ibu Hamil Mengalami Keguguran



1. Mual dan muntah

Mual dan muntah saat hamil biasa disebut morning sickness. Bila diikuti gejala lain, seperti nyeri dan kram, bisa jadi mual dan muntah itu tanda terjadinya keguguran.

2. Tes USG

Dalam banyak kasus, kita sudah merasakan gejala keguguran sebelum diperiksa lewat USG. Tapi bila kita merasa tak ada janin atau jaringan yang keluar, sebaiknya periksa dengan USG untuk memastikan apa yang terjadi sebenarnya.

3. Nyeri punggung

Nyeri punggung adalah masalah biasa dalam kehamilan dan semakin parah seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Jika nyeri punggung itu juga disertai dengan kram dan pendarahan, bisa jadi itu gejala terjadinya kehamilan ektopik atau keguguran.

4. Pendarahan di vagina

Pendarahan di vagina pada masa-masa awal kehamilan adalah gejala keguguran yang paling umum. Namun pendarahan di vagina juga tak selalu berarti keguguran karena banyak juga perempuan yang mengalaminya di awal-awal kehamilan.

Bila mengalami pendarahan selama kehamilan, segera periksakan ke dokter. Dokter memang tak bisa mencegah keguguran tapi bisa memeriksa bila benar terjadi keguguran dan mengambil tindakan agar tak membahayakan kesehatan.

5. Kadar hCG menurun

Coba cek kadar Human Chorionic Gonadotropin (hCG) atau hormon peptida yang diproduksi pada masa kehamilan. Bila kadarnya menurun drastis, bisa jadi kita mengalami keguguran.

6. Nyeri kram

Nyeri kram tak selalu berarti terjadi keguguran dan untuk mengetahui penyebabnya dengan lebih pasti sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Nyeri kram juga bisa terjadi pada kehamilan normal.

7. Keluar jaringan dari vagina

Hal yang paling sering terjadi, pendarahan parah dan keluarnya jaringan dari vagina adalah tanda telah terjadinya keguguran. Untuk memastikan, segera periksakan ke dokter apakah benar telah terjadi keguguran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar